Wednesday 11 September 2013

Pertanian Di Atas Atap Rumah






Berkurangnya lahan produktif untuk bertani bukanlah alasan untuk tidak dapat berproduksinya sayuran yang segar  apalagi untuk yang tinggal di kota - kota besar. Justru ini adalah tantangan bagi generasi penerus petani kita untuk tetap bisa menyediakan hasil tani.

Bahkan ini sudah menjadi fenomena di dunia tidak terkecuali di Indonesia. Para senior kita juga melakukannya, coba lihat deh sekarang banyak komunitas seperti Indonesia Berkebun yang giat memotivasi kita untuk tetap semangat dalam memanfaatkan ruang terbatas ,lahan kosong dan area lainnya untuk di tanami dengan sayuran, tanaman hias, pohon buah dll.

Foto.  doc.  pribadi 

Berkebun & Bertani Dilakukan di Atas Rumah 

Memanfaatkan atap rumah untuk kebutuhan sayuran, bisa diterapkan pada rumah² tinggal. Rumah jadi adem, asri, kebutuhan sayur mayur terpenuhi & hasilnya bisa untuk di jual ke tetangga, pasar -pasar, minimarket bahkan ke swalayan.

Yang bisa ditanam diantaranya sayuran berusia pendek antara empat sampai lima pekan bisa di panen, seperti bayam, selada, wortel, tomat, kangkung, cabe, bawang daun, strawberry dll.

Tanamlah tanaman ini secara bergantian, misalnya setelah menanam bayam, lahannya tidak kembali ditanami bayam namun diganti dengan kangkung.

Setelah kangkung, lahan yang sama ditanami selada. Begitu seterusnya, berganti -ganti. Cara seperti ini bisa memutus siklus hidup hama penggangu tanaman secara alami.

Tanah

Walaupun tinggal di pusat kota Bandung,  buat saya untuk mendapatkan tanah,  bibit,  sekam,  pupuk,  alat²  pertanian dsb tidak lah sulit.  Masih banyak toko² pertanian di pusat kota Bandung.

Lembang.
Yess , ke Lembang aja. Di sana,  sangat lengkap kalau mau belanja seputar pertanian.

RoofTop Garden 


Sebagai ibu rumah tangga biasa, atap rumah atau loteng yang tidak begitu luas  saya jadikan taman kecil. Seneng nya walau hanya satu dua bunga yang mekar.

Saya menanam bunga mawar dan bunga wijaya kusuma kecil. Saya pun menanam cabe merah,  cabe rawit,  tomat,  kangkung dan bayam. Yang paling tahan banting di kala musim hujan dan  panas adalah tanaman timun suri, cepet banget berbuah nya dan mudah menanam nya.

Alhamdulillah. Cabe rawit yang berbuah dalam satu pot cukup untuk salah satu campuran  bikin sambal berkali kali.


No comments:

Post a Comment